279 Juta Data Peserta BPJS Kesehatan Bocor

Database yang berisi informasi 279 juta WNI dijual di forum jual beli Raid Forums.

Penjual database yang memiliki ID kotz mengaku memiliki database BPJS Kesehatan di salah satu thread lain pada forum tersebut sejak 8 Mei 2021.

Data yang dijual memiliki struktur dengan kolom: PSNOKA, PSNOKALAMA, PSNOKALAMA2, NAMA, NMCETAK, JENKEL, AGAMA, TMPLHR, TGLLHR, FLAGTANGGUNGAN, NOHP, NIK, NOKTP, TMT, TAT, NPWP, EMAIL, NOKA, KDHUBKEL, KDSTAWIN, KDNEGARA, KDGOLDARAH, KDSTATUSPST, KDKANTOR, TSINPUT, TSUPDATE, USERINPUT, USERUPDATE, TSSTATUS, DAFTAR.

Data lain yang dijual termasuk kolom berikut: NOREG, PSNOKA, KDKELAS, PREMI, TGL_PROSES, USER_PROSES, FLAG_TARIK, TGL_TARIK, USER_TARIK, FLAG_BAYAR, TGL_BAYAR, USER_BAYAR, TSINPUT, USERINPUT, TSUPDATE, USERUPDATE.

Kalau kita lihat, field PSNOKA merupakan salah satu bagian dari data dari BPJS Kesehatan.

Database BPJS Kesehatan

Dari database yang dijual, terdapat 20 juta peserta dengan foto. Untuk jumlah peserta yang masih aktif terdapat 272.788.202

Penjual database sepertinya bukan orang Indonesia karena ia mengatakan terdapat field penghasilan atau gaji padahal tidak ada field gaji yang terdapat pada contoh data yang ia perlihatkan.

Terlepas dari kebocoran data pribadi ini, bagi siapa saja yang memiliki database penting sebaiknya mengamankan data penting dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan menggunakan solusi Data Loss Prevention terbaik seperti Digital Guardian yang didesain mampu mencegah kebocoran database yang memiliki data sensitif.