Pinjem Duit Online, Waspadai Hal-hal Ini!

Kalau Anda tertarik dengan meminjam duit melalui aplikasi online dan ada kekhawatiran akan telat membayarnya. Resiko apa yang mungkin akan Anda dapati?

Prosedur untuk meminjam dana secara online umumnya dengan melakukan verikasi kartu pengenal dan identitas wajah. Tanpa prosedur pertama ini, hampir dipastikan Anda tidak mungkin mendapat pinjaman online.

permissions

Mayoritas aplikasi finance yang menyediakan layanan peminjaman online membutuhkan akses ke ponsel peminjam, seperti melacak lokasi ponsel, mengakses data kontak, mengakses bookmark atau history web, melihat kegiatan pada kalender dan alamat email pada akun pada ponsel dan lainnya.

Ketika peminjam mulai bermasalah dalam mengembalikan dana, informasi yang dikumpulkan oleh aplikasi tersebut akan digunakan untuk mencari keberadaan peminjam uang, misalnya dengan menghubungi semua kontak di ponsel Anda.

Terlepas dari masalah pembayaran dilakukan dengan lancar atau telat, privasi peminjam uang merupakan taruhannya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin meminjam uang secara online untuk tidak menggunakan ponsel yang digunakan dalam sehari-hari agar data privasi Anda tidak berpindah tangah.

Ada baiknya, Anda menggunakan ponsel khusus dengan login email khusus dan tidak terdapat data atau foto yang berhubungan dengan privasi di ponsel. Kalau perlu, isi kontak ponsel dengan data dummy, misal ada nama kontak "istri" atau inisial nama perusahanan.

Intinya yaitu penuhi ponsel tersebut dengan data-data dummy sehingga peluang pinjaman dapat terima tetap terbuka dan privasi Anda pun tidak diambil oleh pihak ketiga.

Tags: